elmarika

Seiring berjalannya waktu cahaya itu semakin bersinar. Habis gelap terbitlah terang. Guru Seni Budaya dan Keterampilan di MTsN 3 Kota Padang. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Si Cantik Aglaonema

Si Cantik Aglaonema

 

Si cantik Aglaonema

 

Tantangan Menulis Gurusiana H-25

 

Tanaman Sri Rejeki (Aglaonema)

 

Tanaman sri rezeki merupakan tanaman yang tumbuh liar di hutan hujan subtropis Thailand, Indonesia, dan Malaysia, di mana tanaman menyukai tempat-tempat yang terlindungi kanopi daun pohon-pohon besar dan semak-semak untuk memastikan bahwa matahari hampir tidak dapat mengenainya secara langsung

Tanaman sri rezeki (Aglaonema) adalah genus tanaman berbunga dalam famili arum, Araceae. Nama Aglaonema berasal dari bahasa Yunani yang merupakan gabungan dari ‘agláos’ (bersinar) dan ‘néma’ (utas). Ini mengacu pada benang sari bunga yang mengkilap.

 

Manfaat Pohon Sri Rejeki 

Tanaman aglaonema merupakan tanaman hias yang memiliki tampilan dan corak menarik serta memiliki tingkat toleransi terhadap sinar matahari yang rendah, namun  tanaman aglaonema tahan terhadap suhu ruangan biasa maupun ber-AC. Sehingga tanaman ini cocok untuk dijadikan sebagai penghias design interior suatu ruangan yang mampu menyegarkan dan memikat mata.

1. Tanaman ini bisa menyerap racun. Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA mengungkapkan aglaonema ini bisa menyerap racun berbahaya di udara terutama di ruang tertutup. 

Tanaman tidak memerlukan tenaga listrik seperti halnya alat pemurnian udara. Tanaman lebih alami, lebih efektif, dan memiliki efek terapi. 

Bagi kamu yang sering berada di ruang tertutup baik di rumah atau di kantor, tanaman Chinese Evergreen ini bisa menjadi pilihan. 

Bangunan modern biasanya memiliki sirkulasi udara yang buruk lantaran menggunakan pendingin udara. 

Kekurangan udara bersih membuat udara dalam ruangan berpotensi polusi. Ada dampak untuk kesehatan seperti asma atau sindrom sakit saat berada di gedung bertingkat. 

Selain itu, material bangunan, karpet, dan lainnya bisa mengandung racun. Senyawa kimia ini menyumbang 90 persen polusi udara di dalam ruangan. 

2. Meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan. Lantaran bisa menyerap racun, tanaman ini bisa meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan.

3. Meningkatkan perasaan dan produktivitas. Ada riset yang menyatakan kehadiran tanaman di dalam ruangan bisa meningkatkan produktivitas bekerja. 

4. Menambah konsentrasi dan daya ingat. Kalau kamu ingin memiliki konsentrasi yang bagus dan daya ingat yang baik, tempatkan tanaman aglaonema di dalam ruang kerja. 

5. Mengurangi stres dan kelelahan. Tanaman dengan daun berwarna hijau,pink,merah ini bisa bisa membuat bahagia, mengurangi stres, dan kelelahan. 

Kalau kita rajin merawat tanaman di dalam ruangan setidaknya sepuluh menit dalam sehari, tingkat stres kamu akan berkurang. 

Rekomendasi NASA untuk Menempatkan Pohon Sri Rejeki

NASA memberikan rekomendasi untuk menempatkan dua atau tiga pohon sri rejeki untuk setiap sembilan meter persegi. Pohon yang ditempatkan berukuran 20-25 cm. 

Tanaman aglaonema ini memang masuk sepuluh besar dalam tanaman di dalam ruangan yang bisa mengatasi polusi udara. 

Beberapa pohon memang memiliki kelebihan menghilangkan racun kimia dibandingkan tanaman yang lain. 

Racun yang ada di rumah biasanya datang dari obyek dan material seperti karpet, lem, oven, alat pembersih rumah tangga, serta material sintetis seperti plastik, fiber, dan karet. 

Keberadaan tanaman dalam ruangan seperti pohon sri rejeki bisa menghilangkan racun seperti benzena, karbon monoksida, formaldehyde, trichloroethylene, dan lainnya. 

Tanaman Aglaonema di Indonesia

Tanaman aglaonema oleh sebagian masyarakat adalah sebagai tanaman keberuntungan. Di indonesia, tanaman aglaonema sering disebut sebagai tanaman sri rejeki karena jika tanaman ini mengeluarkan tunas daun baru, pemiliknya dianggap akan mendapatkan rejeki lagi. Tanaman ini sudah lama dikenal oleh sebagai tanaman hias yang memiliki komposisi warna daun yang berwarna warni. Aglaonema dapat ditemukan di daerah China serta kawasan Asia Tenggara seperti Thailand, Birma, Malaysia serta di Indonesia.

Boomingnya tanaman aglaonema dimulai sejak memunculkan jenis baru tanaman aglaonema hasil persilangan buatan yaitu yaitu pride of sumatera dan donna carmen yang memiliki semburat warna merah pada daunnya, padahal sebelumnya aglaonema hanya memiliki warna kuning, hijau serta varigeta.

Semangat membudidayakan tanaman ini muncul karna selain dapat mempercantik ruangan juga sekaligus dapat mengatasi polusi udara dalam ruangan .Mari penulis hebat nikmati manfaat dari aglaonema untuk diri sendiri dan keluarga tercinta.

 

https://manfaat.co.id/manfaat-tanaman-aglaonema

 

https://artikel.rumah123.com/pohon-sri-rejeki-tanaman-terbaik-penghilang-polusi-56281

 

Elmarikaspdgadisdesaasamkumbang

 

Padang07062020

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Luar biasa uni indahnya uniii

07 Jun
Balas

Waaah mantul bun,dah cantik,warnanya jg manja,aku suka...

07 Jun
Balas

Yes,, tks say

07 Jun

Mantap say, tapi itu opinikan bukan kolom, apa salah tekan ya bu el?

07 Jun
Balas

Iya buk, sdh terkirim baru tau, tks buk

07 Jun

Mantap say, tapi itu opinikan bukan kolom, apa salah tekan ya bu el?

07 Jun
Balas

Mantap say, tapi itu opinikan bukan kolom, apa salah tekan ya bu el?

07 Jun
Balas

Aku suka dia

07 Jun
Balas

tks ibuk,hmmm tks sudah mampir

08 Jun



search

New Post